Pengertian Repeater, Bridge, Network Interface Card (NIC)



Hay sobat, kembali lagi dengan saya Rizal Ruba'i, saya mahasiswa di Universitas Bina Sarana Informatika, saya dari kelas 12.4C.14 dengan NIM 12210288. Pada Blog kali ini saya akan menjelaskan tentang apasih itu Repeater, Bridge, Network Interface Card (NIC)? Dan apasih kegunaannya?. Untuk itu tanpa berlama-lama langsung aja kita bahas.


Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang Dasar Jaringan Komputer, kalian bisa membacanya pada artikel sebelumnya dengan klik disini. Disana saya membahas tentang Dasar Jaringan Komputer dengan lengkap.

Mari kita lanjut ke pembahasannya..!



Perangkat jaringan ada banyak sekali tapi yang kita bahas kali ini adalah Repeater, Bridge, Network Interface Card (NIC). sesuai dengan judul perangkat seperti apakah itu? mari kita bahas.


1. Repeater

Repeater adalah perangkat yang  memperkuat sinyal yang dikirim sehingga dapat ditransmisikan ke komputer lain dalam jarak  jauh. Contoh yang  sering terjadi di lingkungan sekitar adalah jaringan WiFi di rumah atau di kantor yang sulit terhubung. Keberadaan repeater ini bisa menjadi solusi  jangkauan wifi yang lebih luas. Singkatnya, repeater juga dapat dipahami sebagai  penguat sinyal seluler.

Pengoperasian repeater ini adalah menerima sinyal dan kemudian mentransmisikan kembali sinyal yang sudah ada yang identik dengan sinyal aslinya. Selain itu, repeater sering digunakan dalam struktur topologi bus. Karena kelebihannya dapat meningkatkan kisaran WiFi, repeater juga disebut WiFi Extender. Repeater memiliki banyak fungsi seperti memperluas jangkauan internet, mengoptimalkan sinyal wifi, mempercepat pengiriman serta penerimaan data, mengurangi penggunaan kabel jaringan, menjadi alternatif router yang rusak.


2. Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang  memperluas jaringan dan menciptakan segmen jaringan. Bridge akan memetakan alamat Ethernet dari setiap titik pada setiap segmen array. Bridge kemudian akan memilih dan mengizinkan hanya data tertentu yang  akan ditransfer. Operasi bridge adalah mengenali alamat MAC yang melewati informasi ke jaringan, kemudian bridge secara otomatis akan membuat tabel internal, di mana tabel ini dapat menentukan segmen mana yang harus diteruskan atau segmen mana yang harus difilter.


      

3. Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card (NIC) atau yang biasa disebut dengan kartu jaringan. NIC adalah kartu yang digunakan sebagai jembatan untuk menghubungkan komputer ke  jaringan. Perangkat keras NIC itu sendiri terhubung langsung ke motherboard. Ini adalah beberapa fungsi kartu jaringan.

a). Transmisi data

b). Kontrol aliran data

c). Data diterima

Jika didalam komputer tidak terdapat NIC, dipastikan komputer tersebut tidak dapat terkoneksi dengan jaringan komputer.



Beberapa fungsi kartu jaringan yang dijelaskan di atas menggambarkan pentingnya memiliki kartu jaringan. Mulai dari pengiriman data, pengontrolan aliran data dan penerimaan data. Keberadaan kartu jaringan untuk memperlancar aliran data. Meski begitu, kecepatan data masih dipengaruhi oleh sejumlah faktor lain.


Demikian pembahasan kita dulu guys, selajutnya saya akan membahas mengenai Topologi Jaringan. Disana saya akan membahas tentang Topologi Jaringan mulai dari jenis-jenisnya sampai dengan kelebihan dan kekurangannya, jadi sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya. Byeee...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dasar Jaringan Komputer